-->

Cara Memperbaiki Printer Epson L100 Dan L200 Mati Total

Cara Memperbaiki Printer Epson L100 dan L200 Mati Total Sebelum sobat melanjutkan membaca artikel ini, dan sobat merasa tidak yakin untuk memperbaiki printer epson L100 dan L200 yang mati total admin sarankan silahkan bawa aja ke tukang service langganan atau tukang service printer terpercaya di daerah yang dekat dengan lokasi sobat semua.

Tetapi jika sobat ingin mencobanya silahkan simak terus artikel ini, Printer Epson L100 dan L200 mati total sebetulnya cara memperbaikinya sudah banyak yang  tahu tapi tidak ada salahnya admin membuat postingan ini, karena siapa tahu masih berguna terutama bagi baru dalam dunia printer dan yang mau belajar dalam perbaikan printer.

Cara Servis Board Epson L100 dan L200 Yang Mati Total

Langkah pertama yang musti sobat lakukan adalah memeriksa beberapa bagian dari printer tersebut, siapa tahu ada beberapa bagian yang bisa dibilang ringan untuk memperbaikinya. seperti : 
  • Pastikan power supply printer epson dalam kondisi baik
Ini merupakan hal yang paling penting untuk memeriksa apakah power suplay masih bagus atau mati, caranya gunakan multi tester untuk mengukurnya atau dengan cara mencabut socket power supply yang nyambung dengan motherboard printer dalam keadaan nyala terus dimasukan lagi, kalau bagus biasanya ada bunyi "tik".. tapi sejauh ini jarang yang mengalami kerusakan di power supply

  • Bagian yang rusak adalah Mainboard Epson L100 dan Epson L200
Cara Servis Board Epson L100 dan L200
sumber gambar " obeng-tang.blogspot.com
Cara Servis Board Epson L100 dan L200
sumber gambar " obeng-tang.blogspot.com

Dioda Bagian Belakang

Cara Servis Board Epson L100 dan L200
sumber gambar " obeng-tang.blogspot.com

Perhatikan pada komponen yang diberi tanda panah, jika sudah rusak/ short silahkan ganti dengan yang baru (harus dengan tipe yang sama) jika dioda tersebut rusak dan setelah diganti printer masih mati total berarti ada kemungkina IC motornya rusak, letaknya tepat di bawah dioda tersebut. kerusakan dioda atau ic ini biasanya ditandai dengan bunyi "cit...cit..cit" pada saat dinyalakan. 

  • Dioda bulat yang rusak serinya SB160 dapat diganti dengan SR160
  • Dioda kotak SMD yang rusak seri nya SS16 / SS14
  • Lokasi dioda yang diganti ada gambar, ada 2 dioda yang harus diganti, depan board dan belakang. 
  • Sebelum mengganti sebaiknya ditest dulu dengan Multitester untuk memastikan Dioda itu benar-benar rusak

Semoga Berhasil
Sumber artikel : obeng-tang.blogspot.com

0 Response to "Cara Memperbaiki Printer Epson L100 Dan L200 Mati Total"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel